MENGHADAPI KRITIK DENGAN BAIK
----------
Tak bisa dipungkiri, kritik yang datang dari atasan, rekan kerja, atau bawahan kadang membuat hati kecewa, kesal, malu, atau tersinggung. Padahal kritik itu perlu untuk memperbaiki diri dan kinerja kita. Jika seseorang mengritik Anda, dengarkan dulu dengan baik. Jangan buru-buru menyela untuk membela diri atau menyerang. Meskipun cara penyampaian kritik tidak berkenan di hati, jangan buru-buru melepaskan emosi. Fokuslah pada hal positifnya dan berorientasilah pada solusi. Ketika menanggapi, jaga intonasi nada suara, tetaplah bersikap sopan, dan cobalah untuk tersenyum. Jika harus menjelaskan sesuatu, bicaralah dengan efisien dan langsung pada intinya. Tidak perlu berdebat atau menyerang karena hal itu bisa merusak penampilan dan citra diri sendiri.
MENANGANI KRITIK YANG âœASALâ
----------
Dalam rapat evaluasi program, terkadang ada kritik âœtidak nyambungâ yang disampaikan hanya untuk mengganggu kita atau yang sekadar dilontarkan. Jika ini terjadi, jangan buru-buru emosi dan mendamprat yang bersangkutan. Terima saja dengan baik, lalu lanjutkan pada hal lain. Jika mengancam kredibilitas Anda, sajikan bukti-bukti untuk menganulir kritik itu.
MINTA PENJELASAN ATAS KRITIK
----------
Ketika atasan mengritik sesuatu tentang diri Anda dalam hal pekerjaan, jangan langsung berkecil hati. Anda justru harus memperhatikan kritik itu baik-baik. Jika kurang jelas, coba tanyakan hal-hal mana yang menurutnya kurang atau salah, dan perlu diperbaiki. Penjelasan yang lebih spesifik itu akan sangat membantu Anda untuk menjadi lebih baik lagi lain kali.
Mohon Maaf Apabila Ada Kesalahan Dalam Penulisan. Semoga artikel tentang MENGHADAPI KRITIK DENGAN BAIK di atas dapat bermanfaat. Jika ingin menduplikasi artikel ini diharapkan mencantumkan link http://ratsoffice.blogspot.com/2013/02/menghadapi-kritik-dengan-baik.html. Terima Kasih.
Rats Office
Published:
2013-02-22T16:27:00-08:00
Title:MENGHADAPI KRITIK DENGAN BAIK
Author :
HOME