MEMBUAT DAFTAR RINCIAN ANGGARAN
Membuat anggaran adalah proses. Seperti orang tua mengajarkan anaknya bersepeda, mungkin ada momentum Anda merasa “this is not for me”. Kemudian Anda berhenti mengerjakannya. Jika bulan pertama ada perasaan seperti ini, yakinlah bulan berikutnya akan lebih baik.
Berikan diri Anda waktu untuk terbiasa dengan hal itu. Di bulan ketiga, biasanya Anda mulai mendapatkan kepercayaan diri dalam proses tersebut. Paling tidak Anda mengetahui ke mana uang Anda pergi. Hal itu akan memberikan Anda sebuah power terhadap uang Anda.
Prinsip membuat anggaran bulanan yang tepat adalah saat pendapatan Anda dikurangi rencana pengeluaran menghasilkan saldo nol. Bila masih memiliki sisa anggaran, berarti Anda harus mengalokasikannya kepada pos-pos pengeluaran.
Bila hasilnya minus, berarti Anda mengetahui bahwa selama ini Anda hidup lebih besar pasak dari pada tiang. Anda memiliki tantangan untuk menyeimbangkan anggaran.
Pendapatan
Apa pun pekerjaan Anda, catat semua pendapatan, baik yang tetap maupun tidak. Dari gaji, pendapatan dari bisnis kecil Anda, kerja sampingan, hingga pendapatan dari investasi. Pada prinsipnya, saat mendapatkan uang di bulan berjalan, masukkan uang tersebut pada kategori pendapatan.
Apabila sudah menikah, jangan pisahkan pendapatan Anda. Akan lebih baik bagi keluarga apabila Anda terbuka mengenai masalah keuangan dengan pasangan. Tidak masalah berapa pun gaji Anda atau pasangan Anda, gabungkan dan buatlah anggaran bersama.
Hal ini juga akan memberikan dampak positif bagi hubungan Anda. Suami mengerti tantangan yang dihadapi para istri dalam mengelola uang yang selama ini didapatkan dan para istri juga lebih menghargai jerih payah suami dalam mencari nafkah setiap hari.
Membangun tujuan bersama, berdiskusi mengenai pengeluaran atau mencari ide bagaimana caranya mendapatkan pendapatan tambahan, akan menjadikan interaksi positif bagi Anda berdua.
Pengeluaran
Sekarang mari kita buat perhitungan pengeluaran. Banyak orang yang menganggap hal ini sesuatu yang mengerikan karena sesungguhnya mereka mengetahui bahwa setiap bulan mengeluarkan uang lebih banyak daripada yang seharusnya. Hal ini memang bisa membuat Anda resah. Namun, apabila Anda melihat pengeluaran dan memutuskan untuk memperbaikinya, ini merupakan langkah awal memperbaiki keadaan finansial Anda.
Catat setiap pengeluaran secara rinci, berapa pun jumlahnya! Berikut kategori yang dapat Anda buat anggarannya :
1. Derma (zakat, perpuluhan, sedekah)
2. Menabung (dana darurat, pensiun, pendidikan anak, dll)
3. Utang (berbagai macam cicilan yang Anda miliki di luar rumah dan kendaraan)
4. Rumah (kontrak/kos, cicilan KPR)
5. Keperluan Bulanan (listrik, gas, air, sampah, telepon, internet, TV berbayar, asisten rumah tangga, alat-alat kebersihan rumah tangga)
6. Anak (uang sekolah, les, uang saku, buku/mainan/hiburan)
7. Makanan (buatlah anggaran harian untuk satu keluarga untuk 30 hari, makan siang di kantor)
8. Transportasi (cicilan kendaraan, bensin, tol, parkir, ongkos kendaraan umum, asuransi, perbaikan)
9. Personal (asuransi jiwa dan kesehatan, pakaian, hiburan, hobi, salon/perawatan tubuh)
Membuat anggaran akan banyak mengubah kondisi keuangan Anda. Dari beberapa survei, mereka yang membuat anggaran dengan dasar angka nol saat pendapatan dikurangi pengeluaran, mampu melunasi utangnya lebih cepat dan mampu menabung lebih banyak.
Mohon Maaf Apabila Ada Kesalahan Dalam Penulisan. Semoga artikel tentang MEMBUAT DAFTAR RINCIAN ANGGARAN di atas dapat bermanfaat. Jika ingin menduplikasi artikel ini diharapkan mencantumkan link http://ratsoffice.blogspot.com/2014/04/membuat-daftar-rincian-anggaran.html. Terima Kasih.
Rats Office
Published:
2014-04-04T08:09:00-07:00
Title:MEMBUAT DAFTAR RINCIAN ANGGARAN
Author :
HOME