PERAN PEMIMPIN
Dalam suatu organisasi atau unit kerja adalah bentuk formal dan merupakan suatu wadah dimana sistem kerja sama dilakukan dalam melaksanakan berbagai aktivitas atau rutinitas kerja untuk mencapai tujuan serta sasaran unit kerja tertentu dan dapat terealisasikan sebagaimana yang diharapkan bersama. Secara umum tujuan dan sasaran kerja dapat tercapai apabila dengan dibarengi pertumbuhan dan terjaminnya kelangsungan hidup organisasi itu sendiri. Apabila suatu organisasi atau unit kerja ingin mencapai kesemuanya itu, maka pimpinan harus memberikan perhatian yang serius terhadap karyawan atau para pegawainya, serta pimpinan harus memberikan penyemangat “
MOTIVASI KERJA” dan menciptakan kondisi kerja yang dapat meningkatkan semangat kerja para karyawan atau pegawainya.
Motivasi merupakan sikap mental atau kejiwaan seseorang yang dapat tersugesti untuk memberikan dorongan,penyemangat,energi dan gerakan perilaku yang mengarah untuk mencapai target dan sasaran dalam bekerja. Seseorang bekerja karena adanya kebutuhan yang harus dan wajib ia penuhi. Kebutuhan setiap seseorang intinya adalah sama yakni untuk menyambung kelangsungan hidup dan merubahnya lebih baik lagi dari apa yang sudah ada. Misalnya saat musim pans terik dan suhu panas yang sangat tinggi , maka semua orang mempunyai kebutuhan yang sama yakni sama-sama membutuhkan air serta menginginkan dahaganya hilang .
Motivasi apakah yang seharusnya pimpinan lakukan..? Apakah dengan ucapan atau kata-kata yang tegas untuk mejalankan suatu aturan. Apakah diharuskan dengan pakaian yang rapih, ataukah dengan kecerdasannya..? Yaaa... memang itu yang harus dilakukan seorang Pemimpin selain dari pada itu yang kerap terlupakan adalah motivasi memberikan perhatian terhadap karyawan atau pegawainya. Tiada salahnya mengunjungi rumah karyawan untuk bersilaturahmi, agar karyawan tiada ketegangan dan bisa lebih akrab terhadap pimpinannya. Selain dari pada itu kunjungan pimpinan juga dapat meningkatkan motivasi kerjanya.
Peranan motivasi yang tidak kalah penting adalah menciptakan suasana keakraban, karena keakraban dengan karyawan bisa saling mengenal karakter setiap individu dan karyawan tidak canggung lagi terhadap pimpinan. Mungkin ini juga bisa untuk menggali ide serta gagasan masing-masing karyawan. Seorang pimpinan juga harus dapat mencegah terjadinya konflik antar karyawan,mungkin anda bisa mencegahnya dengan selalu menciptakan ruang kerja seperti selayaknya ruang keluarga. Dengan begitu karyawan tidak ragu-ragu untuk bersenda gurau disamping pekerjaan yang menumpuk tanpa mengurangi rasa tanggung jawab atas pekerjaannya.
Semoga ruang kerja anda menjadi nyaman,damai dan dapat menghilangkan rasa kejenuhan terhadap pekerjaan. Ini adalah sedikit ketikan admin dan celoteh orang yang awam. Saya Cuma bisa berharap agar pemimpin di negaraku ini bisa lebih akrab dengan rakyat serta merakyat dan bukannya pemimpin yang keparat.
Semoga dapat bermanfaat terutama buat diri pribadi admin sendiri. Salam...
Mohon Maaf Apabila Ada Kesalahan Dalam Penulisan. Semoga artikel tentang PERAN PEMIMPIN di atas dapat bermanfaat. Jika ingin menduplikasi artikel ini diharapkan mencantumkan link http://ratsoffice.blogspot.com/2014/01/peran-pemimpin.html. Terima Kasih.
Rats Office
Published:
2014-01-26T07:22:00-08:00
Title:PERAN PEMIMPIN
Author :
HOME